Cara Dan Syarat Daftar Grabfood Indonesia Buat Ningkatin Bisnis Kuliner

Cara dan syarat daftar grabfood – Perkembangan teknologi masa kini makin mempermudah segala urusan manusia dengan segala sesuatu yang cepat dan praktis. Bisa dilihat dari berbagai pekerjaan manusia yang sekarang bisa dilakukan melalui telepon genggam atau disebut smartphone. Ketika dulu orang membutuhkan tranfer harus melalui bank, sekarang mereka bisa melakukan lewat telepon genggam. Jika dulu kalau ingin membeli barang harus ke toko, sekarang juga bisa dilakukan hanya lewat telpon genggam. Bahkan jika Anda juga menginginkan makan, sekarang bisa juga dipesan melalui telepon genggam.

Adanya telepon genggam yang cerdas atau smartphone dengan dibekali koneksi internet membuat semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah. Keadaan ini tentu tidak disia-siakan begitu saja oleh pelaku usaha khususnya di bidang kuliner yang bisa meningkatkan penjualan dengan cara dan syarat daftar Grabfood. Semakin canggihnya kehidupan masa kini, hadirlah aplikasi Grab yang merupakan suatu aplikasi atau platform yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan sangat mudah dari antar jemput menggunakan motor atau mobil, pembelian pulsa dan pelayanan pembayaran tagihan, pengiriman barang, dan juga melayani pemesanan makanan. Grab ini menjadi aplikasi penghantar atantar konsumen dengan penjual.

Syarat Daftar Grabfood Indonesia

cara dan syarat daftar grabfood

Salah satu layanan yang cukup populer yaitu Grabfood. Grabfood adalah fitur yang memberikan pelayanan mengantarkan makanan yang telah dipesan melalui aplikasi Grab secara online. Seperti yang diketahui, sekarang ini banyak yang lebih suka cara praktis dibandingkan harus repot-repot. Tanpa harus keluar membeli makanan, Anda bisa mendapatkan makanan apa saja hanya dengan satu klik di aplikasi Grab.

Adanya layanan Grabfood ini tidak hanya menguntungkan bagi konsumen di mana mereka tidak perlu repot jika menginginkan makanan saat itu juga dikirim ke rumahnya akan tetapi juga sangat menguntungkan bagi penjual di mana keuntungannya meningkat karena jangkauan pembelinya meluas. Terlebih dengan berbagai promo yang ditawarkan Grab semakin banyak rang yang memilih makanan melalui aplikasi Grab. Inilah yang kemudian menjadi perhatian bagi pelaku usaha bisnis kuliner.

Karena keuntungan ini, tidak sedikit dari mereka yang mendaftarkan bisnis kuliner atau restoran mereka ke daftar list pesanan Grabfood. Jika Anda salah satu pelaku usaha bisnis kuliner yang tertarik menjadi bagian dari Grab sebaiknya Anda simak artikel berikut ini.

Berikut akan dijelaskan cara dan syarat daftar grabfood Indonesia agar Anda dapat bergabung dengan deretan bisnis kuliner lainnya di Indonesia. Akan tetapi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pendaftaran usaha dari pajak yang diberlakukan hingga ketentuan foto yang diunggah. Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum daftar Grabfood.

# Ketentuan Pajak Restoran atau Bisnis Kuliner Di Grabfood

Ada dua jenis harga yang sebagai ketentuan dan syarat daftar Grabfood, pertama adalah harga yang tidak memiliki pajak dan yang kedua adalah harga yang dikenai pajak. Jika harga yang tidak mengenakan pajak, harga yang dipasang adalah harga yang sebenarnya tanpa ada penambahan atau pengurangan pajak. Atau pada saat pembayanan bisa jadi ditambahkan pajak tersendiri. Akan tetapi untuk harga yang sudah termasuk pajak, harga makanan akan dipotong sebesar 10% dari harga makan.

Misalnya jika anda menuliskan harga sebesar Rp 25 ribu rupiah, oleh Grab akan dipotong sebesar 10% yaitu Rp 2.500 rupiah. pajak tersebut dibayarkan oleh konsumen ketika memesan makanan yaitu seharga Rp 25 ribu rupiah. Untuk itu, Anda harus menentukan detail harga untuk makanan yang akan dipasang di Grabfood karena harganya tentu akan berbeda ketika konsumen memesannya langsung ke restoranmu.

# Ketentuan Foto Makanan Yang Dipasang Di Grabfood

Ketika mendaftarkan restoran, foto makanan menjadi salah satu syarat daftar grabfood. Anda harus memperlihatkan foto makanannya sehingga konsumen mengetahui seperti apa makanan yang ditawarkan dan membuat mereka tertarik.

Foto yang dibutuhkan untuk dipajang di Grabfood yaitu foto makanan, foto logo restoran atau identitas restoran, daftar menu,dan tempat usaha Anda. Beberapa ketentuan yang diberlakukan yaitu foto harus berorientasi landscape dengan minimal ukuran 540×300 pixel.

Merupakan foto asli yang diambil sendiri. Dalam arti tidak mengambil dari internet ataupun foto dari restoran lain, menarik sehingga dapat menarik konsumen, dan yang pasti harus jelas agar dapat dilihat konsumen.

Baca Juga: Tips Sukses Menjadi Seorang Dropshipper

Cara Mendaftarkan Restoran di Grabfood

Setelah mempersiapkan beberapa syarat daftar Grabfood di atas, selanjutnya adalah tahap mendaftarkan restoran Anda. Pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara, melalui websitenya langsung atau melakui aplikasi Grab yang dapat diunduh melalui smartphone Anda.

# Mendaftar Grabfood Melalui Website.

  • Langkah pertama yaitu masuk pada website Grab www.grab.com selanjutnya masuk ke bagian Grabfood. Atau Anda bisa langsung menuju ke halaman Grabfood melalui www.grab.com/id/grabfood.
  • Setelah itu, Anda akan langsung melihat formulir untuk bergabung dengan Grabfood. Silahkan isi formulir yang berisi nama restoran, alamat, nama pemilik, nomor telepon, email, dan beberapa catatan yang diperlukan. Kemudian klik ‘Submit’ atau ‘Daftar’.
  • Beberapa saat waktu akan ada pesan yang masuk di email Anda yang berisi mengenai kelanjutan pendaftaran. Anda akan diminta untuk registrasi restoran, cukup ikuti langkah pada email dengan klik tautan yang sudah dikirimkan.
  • Proses selanjutnya Anda akan diteruskan ke halaman www.help.grab.com yang di mana Anda akan melihat seputar panduan atau informasi terkait dengan cara dan syarat daftar Grabfood, Anda dapat membacanya apabila ada beberapa hal yang belum jelas kemudian sampai ke bawah halaman, Anda akan menemukan formulir yang perlu diisi. Jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat membuka tips mengisi formulir dengan klik tombol biru tepat di atas formulir. Kemudian isi formulir tersebut.
  • Langkah selanjutnya yaitu mengisi jadwal buka dan tutup restoran selama seminggu, apabila jadwal restoran Anda berbeda tiap harinya maka bisa diatur masing-masing jadwal harinya. Kemudian lanjutkan proses pendaftaran dengan klik tombol tanda panah hijau.
  • Langkah terakhir yaitu mengisi data menu makanan dengan menambah beberapa menu makanan di tombol + dan tombol x apabila ingin menghapusnya. Anda juga perlu mengisi nama restoran, jenis makanan, nama menu, dan juga harga. Jika sudah, klik ‘kirim’ untuk menyelesaikan pendaftaran.
  • Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu hasil pemeriksaan data yang dilakukan oleh tim Grab. Jika lolos, Anda akan dihubungi via email beserta perjanjian partnership dengan Grabfood yang selanjutnya akan dipandu oleh tim Grab.

Baca Juga: 6 Inspirasi Bisnis Rumahan Modal Kecil

# Cara Grabfood Melalui Aplikasi

Cara ini lebih mudah dilakukan karena langsung diarahkan oleh sistem sehingga Anda hanya mengikuti petunjuk termasuk menyiapkan syarat daftar Grabfood.

  • Langkah pertama yang Anda lakukan yaitu menginstall aplikasi Grab apabila belum memilikinya.
  • Buka aplikasi dan langsung menuju tiga garis di sebelah pojok kiri atas
  • Klik pada menu ‘Bantuan’ selanjutnya klik ‘Grabfood’ pilih ‘Kemitraan’ dan klik tulisan ‘Saya tertarik bergabung dengan Grabfood’
  • Sama dengan proses di atas, Anda akan diminta mengisi sejumlah data umum, jadwal restoran, hingga menu makanan. Kemudian klik ‘kirim’.

Cukup mudah bukan? Bahkan hanya dari smartphone saja, Anda sudah dapat mendaftarkan restoran ke Grabfood.

error: Content is protected !!