Tips Sukses Menjadi Seorang Dropshipper

Banyak yang mengatakan untuk memulai wirausaha dibutuhkan banyak modal sehingga hanya sedikit yang mencoba membangun suatu usaha karena takut dengan resiko kerugian yang besar. Namun, tahukah Anda ada satu usaha yang dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal. Yaitu menjadi dropshipper di mana kamu dapat melakukan bisnis tanpa mengeluarkan modal. Dengan sistem dropshipper ini, anda akan terhindar dari resiko kerugian yang banyak ditakuti dalam usaha memulai bisnis. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bisnis dropshipper, akan lebih baik jika Anda mengetahui seperti apa bisnis dropshipper itu.

Bisnis menjadi dropshipper ini hampir mirip dengan sistem reseller. Jika reseller membeli banyak barang untuk jual kembali dan memiliki stok barang untuk dijual sedangkan dropshipper tidak memasok barang. Dropshipper hanya menawarkan gambar dan kemudian membeli barang tersebut ke reseller atau supplier ketika ada yang memesan kepadanya. Untuk itu bisnis dropshipper tidak membutuhkan modal sama sekali.

Apa itu Dropshipper?

Dropshipper adalah bisnis online yang memanfaatkan barang dari orang lain untuk dijual agar mendapatkan keuntungan dengan dirinya sendiri maupun untuk orang yang memiliki barang. Bisnis ini memberikan keuntungan bagi pelaku usaha untuk memulai usaha tanpa melakukan banyak persiapan dari membeli barang yang akan dijual atau gudang untuk menyimpan barang.

Dapat dikatakan bahwa dropshipper ini merupakan penjual tangan kedua bagi pembeli. Bisnis dropshiper ini melibatkan tiga pihak yaitu dropshipper itu sendiri, supplier yaitu orang yang menyediakan barang atau orang yang menjual barang ecer dengan harga yang murah untuk kemudian dijual kembali oleh pihak dropshipper, dan pembeli yang membeli barang yang dijual oleh dropshipper.

Keuntungan Menjalani Bisnis Dropshipper

Kemudahan dari menjadi dropshipper menjadikan bisnis ini dapat dilakukan dan rekomendasikan untuk siapapun, dari ibu rumah tangga hingga pelajar. Selain itu, bisnis dropshipper juga membawa banyak keuntungan. Agar jelas apa saja keuntungannya, berikut adalah beberapa keuntungan yang didapatkan jika Anda berbisnis sebagai dropshipper.

1. Tidak butuh modal besar

Jika membuka usaha biasanya menghabiskan banyak biaya, lain hal dengan dengan memulai usaha menjadi dropshipper. Karena bisnis dropshipper ini hanya sebagai penyalur pedagang besar pedagang kecil, bisnis dropshipper ini hanya membutuhkan modal bicara untuk promosi sehingga dapat dilakukan oleh siapapun. Semakin banyak promosi yang Anda lakukan di beberapa tempat akan membuat penjualan Anda meningkat yang tentunya aka berpengaruh pada keuntungan yang Anda dapatkan.

Meski merupakan bisnis yang tidak membutuhkan modal, ada baiknya Anda berjaga-jaga menyiapkan sejumlah uang untuk membeli barang terlebih dahulu apabila ada yang memesan melalui gambar.

Akan tetapi perlu dijadikan catatan karena usaha dropshipper ini harus membeli barang dari reseller atau supplier maka dropshipper sebelumnya harus meyakinkan pembeli untuk pasti membeli barang yang sudah dipesan. Untuk menghindari resiko pembeli kabur, Anda dapat menerapkan sistem DP atau uang muka jika ada yang memesan.

Baca Juga: 5 Jenis Usaha Menjanjikan dengan Prosespek Bagus

2. Bisa dijalankan dengan waktu dan tempat yang fleksibel

Menjadi dropshipper termasuk dalam bisnis yang mudah dijalankan. Selain tidak membutuhkan modal, bisnis ini juga tidak membutuhkan tempat khusus untuk berjualan sehingga tidak memerlukan dana untuk meminjam gedung atau tempat.

Terlebih karena sistem penjualannya yang online, bisnis ini dapat dilakukan di manapun, kapanpun, selagi masih bisa terkoneksi dengan internet. Beberapa reseller atau supplier juga membuka peluang untuk dropshipper sehingga hanya dengan memesan barang, mereka bisa langsung mengirimnya ke orang yang membeli barang di bisnis Anda dengan identitas Anda sebagai dropshipper.

Anda dapat memilih jam kerja dan jam libur sesuai keinginan. Untuk itu, bisnis dropshipper juga menjadi sampingan untuk beberapa orang karena kemudahannya dalam menjalankan usaha. Akan tetapi untuk mendapatkan target penjualan yang besar tentunya Anda juga harus kontinu dalam melayani konsumen ya.

3. Berbagai macam barang yang dijual atau variatif

Dengan mengambil gambar dari beberapa supplier atau reseller, dipastikan bahwa usaha dropshipper yang Anda jalani menjadi bisnis usaha yang serba ada. Dengan menjadi dropshipper Anda dapat mengambil foto dari supplier manapun sehingga menambah variatif barang yang dijual pada bisnis Anda. Tentu konsumen akan semasa senang apabila semuanya tersedia dalam bisnis yang Anda promosikan melalui online.

Meski dikatakan sebagai bisnis yang mudah dengan keuntungannya tanpa mengeluarkan modal, bisnis dropshipper ini juga memiliki tantangan tersendiri. Karena tidak melihat barang secara langsung, dropshipper seringkali merasa kesulitan ketika mendapatkan pertanyaan seputar barang yang akan dibeli.

Lebih parah lagi, biasanya dropshipper juga mendapatkan komplain dari pembeli terkait dengan barang yang tidak sesuai dengan gambar. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya semacam tips untuk mengatasi hal-hal buruk terjadi dalam berbisnis menjadi dropshipper.

Baca Juga: 33 Peluang Usaha Rumahan Terbaik dan Menguntungkan

Tips Memulai Bisnis Dropshipper

Bisnis dropshipper memang dikatakan mudah bagi kebanyakan orang, namun tidak sedikit pula yang bertanya-tanya bagaimana cara memulai bisnis online sebagai dropshipper? Karena untuk memulai bisnis tentu tidak terlepas dari kerugian. Agar tidak mengalami berbagai kerugian yang besar, ada baiknya jika Anda simak beberapa tips berikut ini :

# Spesifikkan barang yang ingin Anda jual

Dalam memulai bisnis online dropshipper, orang seringkali terlena dengan mengupload semua benda yang menurutnya laku di pasaran. Mungkin tidak ada salahnya jika mengingkan menjual berbagai macam barang, akan tetapi dari pandangan seorang konsumen, mereka akan bingung apabila menemukan toko online yang memilki berbagai macam barang pada halamannya. Akan lebih baik jika Anda dapat fokus pada satu jenis barang yang dijual misalnya jual baju anak, atau peralatan mandi, dan sebagainya, sehingga konsumen mudah memilih dan menjadi langganan apabila barang yang kamu jual cukup bagus.

# Temukan supplier atau reseller yang tepat

Kunci keberhasilan dari menjadi dropshipper salah satunya yaitu pemilihan supplier atau reseller yang tepat. Pilihlah supplier atau reseller yang memiliki reputasi yang baik sehingga pelayanan yang diberikan juga baik. Karena seorang dropshipper membutuhkan banyak info terkait dengan barang untuk penjelasan kepada konsumen.

Jadi pilihlah supplier atau reseller yang ramah dan sabar serta mengerti kesulitan dropshipper. Terlebih jika mereka juga mau memberikan garansi barang apabila barang yang dikirim rusak atau salah pengiriman, sehingga dropshipper tidak mengalami kerugian.

# Respon konsumen dengan cepat dan tanggap

Karena modal utama dalam usaha dropshipper adalah promosi, maka Anda harus mengandalkan kecakapan dalam berbicara secara verbal maupun inverbal. Promosi inilah yang nantinya akan membuat bisnis Anda diketahui banyak orang. Kemudian berikan pelayanan yang tepat pada konsumen dengan memberikan respon yang cepat dan tanggap.

Meski jam kerja dan tempat fleksibel, bukan berarti Anda merasa bebas ketika membalas pesan dari konsumen. Jika Anda menginginkan waktu libur tersendiri, ada baiknya apabila Anda menyertakan keterangan pada halaman bisnis online Anda.

Itulah beberapa tips dan informasi jika Anda ingin menjadi dropshipper sukses. Selamat mencoba menjadi dropshipper!

error: Content is protected !!