2019, Target Penyaluran KTA BTN Naik 52% Jadi Rp 1,52 Triliun

Bank BTN telah menetapkan target penyaluran Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebesar Rp 1,5 triliun di 2019. Target tersebut meningkat 52% jika dibandingkan realisasi penyaluran KTA tahun ini. Guna mengejar pertumbuhan penyaluran KTA BTN, BTN berencana untuk menggaet lebih dari 15 ribu calon debitur baru.

Hal ini senada dengan ungkapan Budi Satria selaku Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk seperti dilansir halaman katadata.co.id (19/12). Selain itu, BTN telah bekerjasama dengan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) untuk menjamin KTA BTN.

Target Penyaluran KTA BTN

Bank Tabungan Negara (BTN) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Selain melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui produk KPR, kini BTN juga menawarkan Kredit Tanpa Agunan atau yang lebih familier disingkat sebagai KTA.

KTA BTN merupakan fasilitas pinjaman bagi perorangan yang ditawarkan tanpa menggunakan agunan dalam syarat pengajuannya. Pada akhir Oktober tahun ini, realisasi penyaluran KTA telah mencapai Rp 765 miliar. Meski realisasi tersebut belum mencapai target penyaluran tahun ini, BTN yakin penyaluran KTA tahun depan dapat ditingkatkan.

BTN mentargetkan penyaluran KTA 2019 dapat menyentuh angka Rp 1,52 triliun. Target tersebut naik sebesar 52% dari tahun ini dengan target penyaluran Rp 1 triliun. Guna mewujudkan target tersebut BTN akan membidik lebih dari 15 ribu calon debitur baru.

Sebagai tambahan, KTA BTN terwujud dalam produk Kredit Ringan BTN yakni fasilitas pembiayaan bagi karyawan perusahaan atau instansi tanpa agunan. Pinjaman dana tunai hingga Rp 500 juta dapat diajukan oleh nasabah dengan suku bunga kompetitif dan tetap.

Tenor pinjaman yang mencapai 15 tahun memberikan nilai tambah terhadap Kredit Tanpa Agunan BTN. Terlebih bagi seorang karyawan yang gajinya diterima melalui Bank BTN (Payroll BTN) karena adanya tawaran cicilan yang lebih ringan. Baca syarat dan ketentuan lebih lanjut pada ulasan KTA BTN 2019.

penyaluran kta btn

Debitur KTA BTN dapat Jaminan Kredit

Peningkatan target penyaluran Kredit Ringan BTN tidak ditetapkan begitu saja tanpa adanya faktor pendukung. Perluasan kerjasama dengan Perum Jamkrindo menjadi salah satu faktor pendukung peningkatan target penyaluran Kredit Ringan BTN.

Perluasan kerjasama tersebut termaktub dalam Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama. Nota kesepahaman tersebut memuat beberapa poin penting diantaranya kerjasama dalam pemberian fasilitas kredit bagi karyawan Jamkrindo sekaligus penjaminan KTA khusus bagi ASN, TNI, dan POLRI yang telah terdaftar sebagai peserta Program Perumahan Khusus. Dengan demikian debitur KTA BTN tahun depan akan mendapaktan jaminan kredit dari Jamkrindo.

Menurut Direktur Bank BTN Budi Satria, adanya jaminan dari Jamkrindo memberikan keyakinan target penyaluran KTA BTN bisa menjadi lebih besar pada tahun 2019.

Tags:
error: Content is protected !!